PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)

Tidak dapat dipungkiri bahwa infrastruktur di Indonesia belum berkembang dengan baik dan merata. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan oleh beberapa faktor mulai dari letak geografis Indonesia yang merupakan negara kepulauan yang terdiri dari pulau – pulau dengan jumlah pulau ribuan sampai dari regulasi pengelolaan sumber daya yang kurang baik. Mulai dari sumber daya keuangan hingga sumber daya alam yang belum termaksimalkan. untuk wilayah Indonesia yang terbilang cukup luas maka diperlukan pihak ke tiga untuk membantu memepercepat proses pembangunan inftastruktur. Pihak ke tiga tersebut adalah investor, kehadiran investor akan mendapan penjaminan dari lembaga penjamin  infrastruktur indonesia.

PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)

Lembaga penjamin infrastruktur indonesia berebntuk sebuah PT dengan nama resmi PT.penjaminan infrastruktur indonesia ( persero ), yang merupakan BUMN di bawah kementrian keungan. Penjaminan infrastruktur indonesia mulai direikan pada tahun 2009 dengan tugas memberikan jaminan pada proyek – proyek yang didanai oleh investor. Namun tidak semua proyek akan dijamin oleh lembaga ini. Hanya proyek yang disepakati berdasarkan skema Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) dan sesuai dengan Peraturan Presiden No. 38 Tahun 2015 tentang Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha dalam Penyediaan Infrastruktur saja yang akan dijamin oleh penjaminan infrastruktur Infoneia. Dengan adanya penjaminan dari negra yang diwakili oleh penjaminan infrastruktur indonesia ini diharapak para penanam modal tertarik untuk menanankan modalnya di indonesia.  Sektor yang mendapat penjaminan diantaranya harus memenuhi kelayakan teknis dan keuangan serta sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan sektor tersebut. Terdapat 19 sektor yang mendapat penjaminan dari lembaga penjaminan infrastruktur indonesia meliputi air minum, teknologi komunikasi, jalan, ketenagalistrikan, fasilits perkotaan, kawasan, kesehatan, konservasi energi, pedididkan, persampahan, sarana prasarana, sistem pengelolaan limbah terpusat, sumberdaya air dan irigasi, dan transportasi. Penjaminan infrastruktur indonesia juga menjalankan fungsi lain seperti mengevaluasi proyek infrastuktur, menstruktur penjaminan, dan memproses klaim.

Dengan adanya penjaminan infrastruktur Indonesia diharapakan para investor lebih tertarik untuk berinvestasi di Indonesia sehingga pembangunan infratruktur di Indonesia dapat berkembang lebih baik.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *