Hati-Hati Banyak Modus Penipuan Melalui Media Online

Apa Anda pernah mengalami kejadian yang membuat kesal? Pasti Anda akan marah jika mengalami hal yang tidak menyenangkan. Apalagi jika Anda terkena tipu, terkena tipu tidak harus dialami secara langsung, namun bisa juga melalui media online. Apa yang akan Anda lakukan jika terkena tipu secara online? Tentu saja akan marah jika sudah menjadi korbannya. Apalagi jika penipuan yang terjadi menguras banyak jumlah uang. Di zaman sudah modern ini, perkembangan teknologi memang sudah semakin canggih, termasuk dapat disalahgunakan sebagai modus penipuan. Oleh karena itu, Anda harus wajib waspada terhadap media online. Media online merupakan media yang dapat dijadikan sebagai sarana untuk mencari informasi apa saja dari seluruh dunia. Bahkan berkomunikasi antar negara pun bisa dilakukan. Namun, waspada pada sesuatu yang asing juga wajib dilakukan. Khususnya waspada di dunia online, karena sudah banyak korban penipuan yang sudah terjadi. Beberapa jenis penipuan yang dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Spam Di Email

Jika kalian sedang dalam proses mencari pekerjaan dan tiba-tiba mendapatkan spam email yang mengaku dari sebuah perusahaan atau lembaga tertentu. Janganlah langsung percaya terhadap spam seperti itu. Karena bisa jadi itu adalah modus penipuan untuk Anda.

2. Menginstal Antivirus Palsu

Penyebaran virus pada teknologi gadget memang sering terjadi. Namun, jika Anda mendapati sebuah situs yang menyebutkan bahwa gadget Anda terkena virus, maka jangan langsung percaya. Itu merupakan sebuah trik agar Anda menginstal sebuah antivirus palsu yang sebenarnya akan membajak gadget Anda.

3. Jadi Diri Palsu

Apakah Anda pernah menerima email atau semacamnya dari orang asing yang mengaku sebagai anak pejabat atau pangeran atau putri dari suatu negara tertentu? Modus penipuan seperti ini biasanya akan secara tidak langsung mengirimkan broadcast yang berisi meminta bantuan untuk mengirimkan sejumlah donasi ke rekening tertentu. Jika mendapati email semacam ini sebaiknya abaikan saja.

Beberapa modus penipuan di atas adalah benar adanya. Jadi, janganlah lalai dengan adanya teknologi gadget yang canggih. Nah, jika Anda pernah mengalami modus-modus penipuan secara online seperti di atas sebaiknya abaikan saja. Karena bisa jadi Anda menjadi korban yang semakin parah.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *