Kebiasaan yang Bisa Menjadikan Laptop Lebih Cepat Bermasalah dan Rusak

Laptop

Laptop pada era yang sekarang ini perkembangan teknologi semakin menjadi memang membuatnya sebagai bagian dari barang yang banyak diperlukan orang. Apalagi untuk para pekerja kreatif, pastinya cukup sulit dipisahkan dengan laptop. Nah, memiliki barang elektronik seperti laptop tentunya merupakan tuntutan untuk pemiliknya dapat menggunakan sebijak mungkin dan juga merawat dengan baik. Kalau tidak dapat merawat dengan baik, maka laptop pun rentan mengalami masalah dan bahkan rusak. Pada kenyataannya memang masih cukup banyak pengguna laptop yang memiliki kebiasaan yang dapat membuat laptop lebih cepat bermasalah dan rusak. Meskipun kebiasan-kebiasaan tersebut rasanya memang cukup sepele. Berikut ini beberapa kebiasaan yang bisa membuat laptop cepat rusak :

Menutup laptop dalam kondisi masih hidup.

Ini adalah kebiasaan yang sangat sepele memang. Kadang kala pengguna tergesa-gesa untuk melakukan aktivitas lainnya sehingga selesai menggunakan laptop tidak sempat mematikannya dan langsung menutup. Jika anda juga merupakan pengguna laptop yang memiliki kebiasan ini, hindari sekarang juga. Kebiasaan ini sangat tidak disarankan karena memang beresiko membuat laptop bermasalah.

Mencharge laptop saat daya baterainya masih banyak. Ini juga kebiasaan yang salah dan perlu dihindari jika memang ingin laptop awet. Kebiasaan yang demikian ini beresiko membuat baterai laptop tidak awet. Bahkan bukan hanya mencharge laptop ketika daya baterai masih banyak, membiarkan laptop sampai baterainya 0% dan menjadikan itu sebagai kebiasaan adalah hal yang sangat tidak disarankan juga. Charge laptop ketika kondisi baterai sudah menunjukkan indikator 15%.

Melepas baterai laptop saat digunakan dan menyambungkan charger ke listrik.

Sebagian orang mengira bahwa menyambungkan charger ke listrik dan melepas baterai laptop adalah cara yang efektif untuk merawat baterai dari laptop tersebut sendiri. Namun pernyataan tersebut tidak tepat. Justru kebiasaan menyalurkan charger laptop dan melepas baterai ini akan merusak mainboard laptop karena loncatan daya listrik tidak teratur dan bahkan dapat membuat korsleting.

Mengoperasikan laptop di atas kasur.

Ini kebiasan yang tidak jarang terjadi. Kemudahan memindahkan laptop kemana saja membuat penggunanya kurang memahami mana tempat yang tepat untuk mengoperasikan laptop dan mana yang tidak. Nah, kasur adalah salah satu tempat yang tidak tepat untuk menggunakan laptop. Kasur sifatnya menyerap panas dan apabila menggunakan laptop di kasur, aliran udara di bawah laptop terserap kausr dan panasnya akan mengendap sehingga membuat laptop pun lebih cepat panas. Kalau sudah begini, laptop pada akhirnya rawan mengalami masalah.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *