4 Gejala Tipes Pada Anak dan Kiat Preventif yang Perlu Dipertimbangkan Orang Tua

Anak-anak memang perlu sekali diperhatikan perkembangan dan kondisi tubuhnya sebab gejala tipes pada anak dan penyakit lain mudah sekali menyerang. Tipes merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan oleh serangan bakteri bernama Salmonella thypi. Bakteri ini umumnya masuk ke tubuh anak dan orang dewasa bersama dengan makanan yang kurang diperhatikan kebersihannya. Sayangnya banyak orangtua terlambat menyadari buah hatinya mengalami tipes, sebab gejalanya memang sangat mirip dengan penyakit demam berdarah.

Gejala Tipes Seperti Apa yang Perlu Dikenali?

Pemeriksaan dokter tentu sangat diperlukan untuk memastikan apakah si kecil mengalami gejala penyakit tipes pada anak atau justru penyakit demam berdarah. Secara umum tipes bisa menunjukan gejala berikut ini:

  1. Anak mengalami demam tinggi dan biasanya berlangsung selama beberapa hari.
  2. Pencernaan anak terganggu dan bisa menyebabkan diare ataupun kontipasi.
  3. Sakit kepala yang sering muncul lalu tiba-tiba hilang dan muncul kembali.
  4. Munculnya rasa sakit pada perut dan seperti ditekan-tekan.

Pengobatan Yang Tepat Pada Gejala Penyakit Tipes Pada Anak

Tipes biasanya berlangsung selama 1-3 minggu sejak hari pertama tubuh anak mengalami infeksi bakteri penyakit tersebut. Biasanya anak yang menderita tipes akan dirawat intensif di rumah sakit setidaknya sampai satu atau dua pekan bahkan lebih. Demam tinggi yang dialami anak membuatnya lemas dan kadang kala terjadi kerontokan rambut. Pertolongan yang tepat wajib segera diberikan supaya anak tidak mengalami step atau bahkan sampai pingsan. Memahami resiko buruk yang bisa muncul dari penyakit satu ini maka baiknya rutin memeriksa suhu tubuh anak.

Pencegahan bisa dilakukan sejak dini, oleh pihak Pemerintah kemudian mewajibkan setiap anak mendapatkan vaksin tifoid. Vaksin ini berfungsi mencegah infeksi bakteri penyebab penyakit tipes dengan meningkatkan kekebalan tubuh anak. Jika anak belum mendapatkan vaksinasi ini maka bisa meminta ke dokter untuk segera diberikan sebelum terlambat. Ajari anak menjaga kebersihan sebab terinfeksi dari makanan yang kotor, bisa jadi anak lupa untuk mencuci tangan. Gunakan sabun Lifebuoy untuk mengusir semua bakteri di tangan anak sehingga gejala tipes pada anak tidak akan dialami.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *