Tips Menjalankan Bisnis & Ritel

Menjalani usaha retail merupakan salah satu alternatif bisnis yang banyak dipilih oleh berbagai kalangan baik yang baru terjun di dunia usah ataupun yang menjadi pebisnis dari jauh-jauh hari sebelumnya. Bisnis retail dapat dijalani dalam skala kecil maupun besar. Pada dasarnya, bisnis retail adalah suatu usaha yang dikelola melalui pemasaran dan penjualan barang yang dilakukan secara langsung ke konsumen akhir sebagai pelanggan. Biasanya, pelaku bisnis retail melakukan pembelian barang dalam jumlah besar melalui sistem grosir ataupun langsung ke produsen dan menjualnya kembali dalam jumlah kecil, secara satuan atau eceran pada pelanggan dengan harga yang sudah diperhitungkan.

Harus diakui bahwa bisnis jenis retail adalah bisnis yang menjanjikan. Bisnis retail terasa menjanjikan bila dikelola dengan baik dan maksimal.

Berikut ini beberapa tips berbisnis retail agar dapat berkembang dan berjalan lancar, yaitu:

322

• Pilih barang yang berkualitas dengan harga murah dari supplier atau produsen yang terpercaya.
• Perhatikan persaingan harga.
• Pilih tempat berjualan yang potensial.
• Tawarkan promosi untuk menarik minat pelanggan.
• Jalin hubungan yang baik dengan supplier maupun pelanggan untuk menunjang bisnis yang berkembang.

Selain beberapa hal di atas, faktor permodalan juga menjadi salah satu bagian penting yang dapat mempengaruhi kondisi dan perkembangan bisnis retail atau penjualan eceran. Bisnis retail dapat dikelola dengan baik apabila modal yang digunakan memadai dan terus berputar secara optimal. Penggunaan dan pemanfaatan modal harus dilakukan secara profesional agar bisnis bisa berkembang sesuai rencana. Hal ini juga dilakukan untuk mengantisipasi persaingan bisnis retail yang semakin ketat di era modern seperti sekarang.

Untuk mensupport dan mendukung sistem penanaman modal bisnis retail di Indonesia, Badan Koordinasi Penanaman Modal hadir sebagai lembaga yang merumuskan kebijakan pemerintah. Bentuk dukungan sistem penanaman modal dalam bisnis retail berbagai perusahaan yang dilakukan BKPM yaitu dengan mengatur tata cara investasi atau penanaman modal secara optimal. BKPM juga berupaya menarik minat investor dalam negeri maupun asing untuk menanamkan modal dan menciptakan iklim bisnis retail adalah bisnis yang kondusif dan menjanjikan. Dengan begitu, penanaman modal semakin tertunjang.

Seperti yang kita tahu, jenis bisnis seperti ini bisa dijalani dalam skala kecil maupun dalam bentuk perusahaan berskala besar. Karena memiliki potensi yang menjanjikan, maka bisnis retail menjadi salah satu alternatif usaha yang menarik bagi setiap pelaku dalam dunia usaha. Banyaknya jenis barang dan produk yang bisa diperjualbelikan menjadi alasan tersendiri yang membuat bisnis retail dijadikan sebagai bidang usaha yang menarik bagi sebagian kalangan.

Pada dasarnya, bisnis jenis retail adalah bisnis yang dikelola melalui cara pemasaran produk dan penjualan barang yang dilakukan secara langsung pada konsumen akhir sebagai pelanggannya. Pembelian barang yang dilakukan oleh pelanggan dilakukan untuk penggunaan pribadi, bukan untuk dijual kembali atau kepentingan bisnis lainnya. Biasanya, pengusaha retail akan membeli barang atau produk secara langsung dari pihak produsen atau melakukan pembelian barang secara grosir melalui supplier dalam partai besar. Kemudian, barang akan dijual kembali secara langsung ke pelanggan.

Dalam bisnis retail, ada banyak jenis barang yang bisa diperjualbelikan. Mulai dari makanan, alat rumah tangga, kebutuhan pribadi dan lain sebagainya dapat ditawarkan. Bisnis ini bisa dijalani dalam skala kecil berupa warung kelontong, pedagang asongan hingga skala besar dengan pilihan barang yang lebih banyak seperti mini market, super market dan sejenisnya.

Dalam menjalani bisnis retail yang potensial, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

• Kualitas barang.
• Minat dan kebutuhan pelanggan.
• Keuntungan penjualan.
• Kualitas pelayanan.
• Persaingan harga.

Selain beberapa hal tersebut, modal juga menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan sehingga bisnis retail adalah bisnis potensial yang menjanjikan. Dalam meningkatkan daya tarik investor dalam negeri maupun asing terhadap Indonesia sebagai negara tujuan penanaman modal, Badan Koordinasi Penanaman Modal atau BKPM hadir dengan berbagai macam visi, misi dan tujuan. BKPM sebagai lembaga non departemen yang bertugas di bawah instruksi presiden didirikan untuk menegakkan hukum terkait penanaman modal di Indonesia. BKPM berupaya menciptakan iklim penanaman modal yang kondusif sehingga fasilitas dan pengembangan modal berjalan maksimal.

Berikut ini juga ada presentasi singkat berupa materi youtube menganai bagaimana memulai binis retail dengan benar dan sukses.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *