Sistem Pendingin Generator Listrik

generator listrik

Bagaimana bisa sistem pendingin generator listrik. Generator listrik terjadinya panas disebabkan karena adanya dan rugi besi dan rugi tembaga. Rugi tembaga merupakan panas yang terjadi karena adanya arus yang dibebankan mengalir melalui penghantar tembaga stator dan rotor. Sedangkan rugi besi merupakan kerugian yang disebabkan panas yang timbul dengan adanya arus pusar terjadi pada inti stator dan rotor. Selain panas yang disebabkan seperti hal tersebut juga terjadi panas diakibatkan dari gesekan dan angin. Panas yang berlebihan pada generator perlu dicegah karena dapat mengakibatkan kerusakan pada isolasi dan terbakar. Maka daritu adanya pendinginan generator.

Generator listrik

Media pendingin generator tenaga listrik yang paling efektif berupa air akan tetapi air mempunyai kendala seperti instansi mahal dan perawatannya pun susah, maka altenator media pendingin pada bagian stator sedangkan rotor menggunakan hidrogen.

  •  Daya hantaran panas rendah,
  •  Kerapatannya cukup besar,
  •  Kebersihannya kurang,
  •  Koofisien perpindahan panas rendah.

Pendingin generator dengan menggunakan udara terbatas pada alternator. Alternator yang mempunyai kapasitas kecil untuk mesin exciter. Kemudian untuk alternator yang mempunyai kapasitas cukup besar penanganannya paling mudah dan sederhana serta efektif dalam penyerapan panas dibandingkan dengan udara adalah gas hidrogen. Maka dari itu jika mempunyai generator harus merawat sistem pendingin generator karena jika tidak maka generator dapat terbakar. Demikianlah sistem pendingin dari generator listrik.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *