Hemat Energi di Shopping Mall, Mungkinkah?

Shopping Mall atau Pusat Perbelanjaan adalah salah satu jenis bangunan yang membutuhkan energi listrik dalam jumlah yang sangat besar di tiap waktu beroperasinya. Sekilas saja siapapun dapat menduga bahwa kebutuhan listrik yang sangat besar tersebut digunakan untuk mengakomodasi pencahayaan, yang merupakan komponen utama untuk menghadirkan suasana terang benderang, ceria, penuh warna, dan terlihat lebih hidup, terutama saat malam tiba. Sayangnya, menurut sebuah penelitian di Amerika, dibutuhkan energi listrik kurang lebih sebesar 25 MW dalam sehari untuk mengoperasikan sebuah Shopping Mall besar. Bayangkan saja berapa banyak energi yang diboroskan jika tidak dilakukan penghematan!

Kebutuhan listrik sebuah pusat perbelanjaan berukuran besar teramat sangat masif. Hampir tidak terlihat aksi hemat energi  yang dilakukan oleh pengembang maupun pemilik tenant yang ada di dalamnya. Namun jika ditelisik lebih jauh lagi, beberapa pusat perbelanjaan modern telah melakukan berbagai usaha penghematan dan pemanfaatan teknologi untuk meminimalisir penggunaan energi listrik. Seiring dengan majunya teknologi pembangunan dan kelistrikan, strategi-strategi seperti penyimpanan panas (thermal storage), penggunaan tenaga matahari, pencahayaan yang efisien, penerapan sistem air-conditioning yang lebih baik, dan sistem monitoring yang terkomputerisasi telah banyak dilakukan demi menghemat pemakaian listrik yang akhirnya bisa mengurangi biaya operasional.

Strategi hemat energi memang terasa secara langsung pengaruhnya terhadap penggunaan listrik di pusat perbelanjaan. Penghematan ini akan semakin nyata jika pihak developer shopping mall menggunakan lampu LED sebagai komponen utama pencahayaan seluruh bagian bangunan. Sebagaimana diketahui bersama bahwa pencahayaan biasanya merupakan penyedot daya listrik terbesar di antara aspek-aspek lainnya. Bagi para pengunjung maupun pemilik tenant di sebuah pusat perbelanjaan atau mall, kenyamanan lingkungan mall menjadi hal yang penting untuk menawarkan produk secara maksimal. Oleh sebab itu, penggunaan lampu hemat energi LED merupakan pilihan yang tepat. Jenis lampu ini akan menghadirkan suasana yang nyaman, sedikit sekali panas yang dihasilkan, serta memberi pencahayaan yang baik. Suasana yang lebih dingin juga akan memberikan pengalaman berbelanja yang positif saat berada dalam mall.

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *